Responsive Ad Slot

Anime

Manga

Seorang Pria Ditahan Karena Mengkonversi Video Niconico Menjadi File MP3

Sabtu, 10 Mei 2014


Kamis lalu, unit cyber-crime dari Kepolisian Hokaido menangkap administrator berusia 29 tahun dari situs Nico☆Sound#, sebuah situs yang memungkinkan pengunjungnya menkonversi audio dari video Niconico menjadi file MP3 yang dapat di unduh. Tersangka dituduh melanggar Undang-undang Hak Cipta Jepang dengan melanggar hak-hak lagu yang dikelola oleh JASRAC (Japanese Society for Rights of Authors, Composers and Publishers) dan Dwango User Entertainment.

Melalui situs ini, pengguna tidak harus menginstal aplikasi khusus untuk mengkonversi audio dari video di halaman Niconico menjadi berkas MP3. Pengguna hanya perlu memasukkan alamat URL dari video Niconico yang diinginkan, dan situs ini akan otomatis melakukan konversi dan menciptakan berkas yang dapat diunduh. Menurut keterangan polisi, situs ini melakukan konversi sebanyak 1.500 berkas sehari dari Niconico, yang dikenal untuk streaming lagu-lagu Vocaloid terkenal.
Situs ini tidak membebankan apapun untuk penggunanya, tetapi memiliki layanan iklan yang berbayar. Hasil investigasi Kepolisian mengkonfirmasi bahwa layanan ini telah menghasilkan sekitar 130 juta yen (sekitar US $ 1.3 juta) hingga saat ini. Situs ini telah ditutup sejak bulan Februari lalu dengan permintaan maaf untuk penutupan yang tiba-tiba dan ucapan terima kasih untuk penggunanya.

Itu di Jepang, bagaimana dengan Indonesia? :D

Sumber : AnimeNewsNetwork

Tidak ada komentar

Posting Komentar

Latest

Blog Archive